@ Opera House | Sydney | 2012

Muhammad Adam, biasa disapa Adam, kelahiran Aceh Utara ini adalah fresh-graduate Flinders University Australia Selatan jurusan Master of Education (Leadership and Management) tahun 2016 dengan IPK 5,87 (skala 7). Adam telah mengukir banyak prestasi dan penghargaan dalam bidangnya semenjak menjadi siswa sekolah menengah sampai perguruan tinggi. Pada saat menjadi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Malikussaleh Lhoseumawe, dia mewakili almamaternya dalam 3 even bergengsi ketingkat nasional yaitu Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) di Bandung (Pidato Bahasa Inggris) dan Pekan Baru (Debat Ilmiah Bahasa Inggris), terakhir di Lhokseumawe dalam even MTQ Mahasiswa Nasional XI sebagai peserta lomba Debat Ilmiah Bahasa Inggris Tahun 2009.

15349560_1494381553909859_1226178370436538020_n

Wisuda tahun 14 Des 2016

Prestasi yang paling prestis bagi Adam di bangku kuliah (S-1) adalah terpilih sebagai Penerima Beasiswa Indonesia English Language Study Program (IELSP) Universitas Ohio, USA Tahun 2010. Pada tahun 2012, dia juga terpilih sebagai salah satu dari 10 orang peserta Program Pertukaran Pemuda Muslim Indonesia-Australia atau Muslim Exchange Program. Terakhir, Adam juga menjadi peserta terpilih mewakili Indonesia untuk bergabung bersama pemuda-pemuda lainnya dari berbagai negara di ASEAN guna membahas berbagai isu pendidikan di ASEAN dalam ajang YSEALI Generation Education Workshop di Bangkok.

Disamping menambah pengatahuan, program-program tersebut juga memberikan dia banyak manfaat lainnya; mengetahui keberagaman budaya, bergaul dengan pelajar-pelajar international dari berbagai negara, melihat keunikan-keunikan kehidupan sosial masyakarat luar, menerima perbedaan, toleransi, pluralisme, dan juga membangun network international adalah sebagian pelajaran yang berharga. Bagi Adam, hal tersebut adalah modal penting, tidak hanya modal materi tetapi juga modal sosial, untuk membuka akses pencapaian dalam mewujudkan impian-impian dia selanjutnya.

bersama direktur OPIE Ohio University

bersama direktur OPIE Ohio University

Pria yang ramah dan open-minded ini, semenjak tercatat sebagai siswa aktif Sekolah Demokrasi Aceh Utara Tahun 2011 sudah banyak menulis artikel dan opini di berbagai media massa baik cetak maupun elektronik seperti Serambi Indonesia, Waspada, Analisa,  dan Aceh Institute. Bersama dengan beberapa penulis lainnya, kumpulan tulisannya juga sudah dibukukan dalam dua buku yang berjudul ‘Menggugat Demokrasi Aceh’ dan ‘Quo Vadis Demokrasi Aceh’ yang berhasil diterbitkan atas kerjasama Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID) dan LSM SEPAKAT Aceh. Disamping itu, bersama dengan motivator-motivator beasiswa lainnya, kisah inspritatifnya mengejar beasiswa juga sudah dibukukan. Buku berjudul ‘Kumpulan Kisah Inspiratif dan Tips Meraih Beasiswa dari Penerima Beasiswa Seluruh Dunia Edisi 1′ yang berisi pengantar Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA sudah disebarkan secara luas termasuk ke sekolah-sekolah tempat Pengajar Muda Yayasan Indonesia Mengajar di Seluruh Indonesia. Buku terbaru yang sudah dipublikasi adalah buku yang berisi pengalaman dia mengikuti program pertukaran Muslim ke Australia. Buku tersebut memuat pengalaman beberapa peserta dari Australia dan Indonesia dalam program MEP yang disponsori oleh Pemerintah Australia melalui Australia Indonesia Institute (AII).

Pengalaman mengajar didapatkannya ketika bergabung dengan Pondok Pesantren Terpadu Ruhul Islam serta beberapa tempat freelance lainnya. Disamping kuliah, aktifitas pria yang memiliki hobby sharing dan berdiskusi juga aktif di berbagai organisasi internal dan ekternal kampus. Dia mengakhiri jabatan organisasinya pada saat menjadi mahasiswa S-2 sebagai Koordinator Program PPIA Scholarship di Department PENSOSMAS Persatuan Pelajar Indonesia Australia Pusat (PPIA Cemerlang) tahun 2015-2016.

Saat ini, Adam sedang bekerja di Kedutaan Besar Australia di Jakarta sebagai Program Officer DFAT-Govenance and Human Development Branch.

Foto di salah satu kebun binatang Australia

Foto di salah satu kebun binatang Australia

Untuk berkomunikasi dengan Adam, dapat dihubungi melalui

HP/WA         | +6282167576503

E-Mail           |  adamyca@gmail.com

Facebook      |  http://facebook.com/Adamica

Twitter          | @abangadham

Instagram    | @bang.adham