Beasiswa LPDP Jalur Afirmasi (Tanpa TOEFL/IELTS)

Hallo Para Scholarship Hunters!!!

Saya yakin ada banyak di antara kawan-kawan yang ingin melanjutkan kuliah Master atau Doktor melalui program beasiswa. Untuk saat ini, ada puluhan beasiswa yang menawarkan berbagai bentuk bantuan, ada yang bersifat full atau sebagian dananya yang dicover. Ada beasiswa khusus untuk penduduk Indonesia, ada juga yang harus berkompetisi secara international. Fundingnya pun berasal dari berbagai sumber, ada yang sifatnya pemerintah daerah, pemerintah nasional, dan umumnya dari Luar Negeri baik dari pemerintahnya maupun dari Universitasnya.

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah salah satu yang paling diburu oleh masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan study. Menurut saya, beasiswa yang didanai pemerintah Indonesia, salah satu yang paling ‘mewah’ ya LPDP. Masalahnya kemudian adalah terkendala pada kemampuan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris yang masih terbatas bagi kebanyakan pencari beasiswa seperti nilai Test of English as Foreign Language (TOEFL) atau The International English Language Testing System (IELTS).

Thank to almighty God, LPDP menyadari tidak sedikit penduduk Indonesia yang memiliki keterbatasan sehingga tidak punya kesempatan yang sama dalam belajar Bahasa Asing/Inggris. Karena itu LPDP membuka program beasiswa Afirmasi yaitu jalur untuk mendaftar beasiswa tanpa harus ada nilai TOEFL/IELTS di muka. Artinya tidak seperti beasiswa-beasiswa pada umumnya, anda bisa mendaftar beasiswa ini tanpa harus mengantongi nilai TOEFL/IELTS terlebih dahulu. Karena syarat TOEFL/IELTS bersifat optional-bukan wajib. Meskipun diakui memang, kalau anda punya nilai TOEFL/IELTS akan lebih besar membuka peluangnya atau anda bisa mencoba beasiswa lainnya. Menurut saya, semangat dari dibukanya jalur ini adalah salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sama kepada mereka yang berasal dari daerah (3T) untuk mengakses program beasiswa pemerintah.

Nah secara singkat, beasiswa LPDP Jalur Afirmasi diberikan kepada masyarakat Indonesia yang berasal dari 3T yaitu Terdepan, Terdalam, dan Terpencil. Ada banyak daerah di Indonesia yang masuk dalam katagori 3T. LPDP menggunakan data 3T yang dikeluarkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Syarat utama untuk mendapat kemudahan mendaftar beasiswa tanpa ada nilai TOEFL ini, anda harus termasuk dalam salah satu daerah tersebut.

Lembaga-Pengelola-Dana-Pendidikan-LPDP-DEPKEU

Pada gak sabaran ni nampaknya??? Oke oke oke…di bawah ini, Saya sertakan beberapa data penting terkait beasiswa ini yaitu:

  1. Daftar Daerah yang termasuk 3T
  2. Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP Jalur Afirmasi
  3. Daftar Universitas yang bekerjasama dengan LPDP
  4. Formulir Pendaftaran Beasiswa LPDP Jalur Afirmasi

Dokumen ini saya dapatkan dari salah seorang kawan saya penerima beasiswa LPDP. Menurut keterangan dia, informasi tentang beasiswa Jalur Afirmasi ini belum diketahui banyak oleh publik. Awalnya saya berpikir hanya posting informasinya di wall facebook saya, dan bagi yang berminat akan Saya kirimkan via email. Tapi karena peminatnya lumayan banyak, hampir mencapai angka 200 dalam 2 hari (termasuk yang inbox atau mengontak saya langsung via HP). Ternyata apa yang kawan saya katakan itu benar–informasi ini belum tersebar luaskan.

Di samping alasan efektifitas dan efesiensi, supaya lebih banyak orang mengakses informasi ini, karenanya saya posting di blog ini. Harapannya akan semakin banyak orang yang membaca dan mengetahu informasi ini.

Silakan anda click dan download. Kalau ada yang mau didiskusikan baik seputar beasiswa ini atau beasiswa2 lainnya, monggo!!!Senang kalau bisa berbagi. You can contact me via:

@plusinstitute | BB : 2A09615C  | WA : 085260251666

Semoga bermanfaat!!!

–Adam–

AAS Awardee 2013-14 | MEP Australia 2012 | IELSP Ohio University, USA 2010