Ciri Orang Bebas Utang

Rasanya sulit menemukan orang yang tak memiliki utang. Tetapi ada banyak orang yang bisa mengendalikan diri agar tidak terjebak utang. Ternyata, menurut kolumnis keuangan, Len Penzo, seperti yang ditulis di Moneytalknews.com, ada ciri-ciri karakter orang yang bebas utang.

Apakah Anda di antaranya?

1. Detail.
Mereka sadar seberapa besar penghasilannya dan berapa banyak yang harus dibelanjakan serta untuk apa saja.Karena bisa menjaga keuangannya, mereka tak tergoda untuk membeli sesuatu yang mereka rasa tidak mampu membelinya.

2. Realistis
Mereka beranggapan bahwa utang itu menggadaikan masa depannya. “Saya ingat seseorang yang memberi tahu saya bahwa utang adalah bentuk perbudakan di mana kita akan mengorbankan penghasilan masa depan dengan kepuasan instan (masa kini),” ujar Len.
 
3. Pragmatis
Mereka itu praktis. Karena itu mereka memahami arti nilai. Contohnya, jika fungsi mobil membawa seseorang dari titik A ke titik B, kenapa harus membeli mobil mewah kalau mobil biasa saja bisa melakukannya. Atau, kenapa harus membeli celana jins bermerk jika jins biasa saja bisa sama-sama awet dan nyaman dipakainya.

4. Mandiri
Mereka bisa memastikan untuk selalu hidup sesuai kemampuan mereka dan menyimpan uang sebanyak-banyaknya untuk berjaga-jaga jika masa sulit menghadang mereka. Selain itu mereka cepat membantu orang lain yang mengalami kesulitan keuangan.

5. Tidak kecanduan belanja
Meskipun secara fisik tidak merusak seperti kecanduan narkoba atau alkohol, kebiasaan belanja yang tidak terkontrol akan membuat seseorang mustahil untuk bebas utang.

6. Sabar

Jika uang yang dimilikinya tidak cukup untuk membeli sesuatu, mereka akan menabung dan sabar menunggu sampai uangnya cukup.

7. Percaya diri
Karena tak menganggap statusnya diukur oleh uang, mereka tak merasa tertekan untuk bersaing dengan orang lain. Mereka percaya bahwa dalam hidup yang penting percaya diri bukan mengelabui orang lain dengan kekayaan semu (kaya dari barang utangan).

8. Mereka menyadari kartu kredit adalah pedang bermata dua
Mereka memahami manfaat kartu kredit. Mereka juga tahu bahwa jika mereka gagal melunasinya secara penuh tiap akhir bulan, mereka akan membayar harga yang berat. Pengetahuan ini menumbuhkan pikiran sehat untuk tidak menyalahgunakan kartu kredit.

9. Percaya dengan tanggung jawab pribadi
Jika mereka kehilangan pekerjaan, mereka tahu tanggung jawabnya untuk memiliki dana cadangan, tidak menyalahkan orang lain. Begitupun terhadap kondisi darurat seperti sakit atau terkena bencana, mereka tahu kondisi itu harus mereka atasi sendiri.

10. Tidak materialistis
Mereka menyadari bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan abadi. Dengan demikian, mereka cenderung hidup sederhana yang berfokus pada kegembiraan keluarga, bukan mengumpulkan kekayaan materi.

Nah, apakah Anda memiliki ciri-ciri tersebut? Jika, ya, Anda termasuk tipe orang yang bebas utang.

Sumber: Andrie Wongso dot Com