Eksklusif! Untuk Calon Pendaftar Muslim Exchange Program ke Australia

Insya Allah, hari Senin tanggal 4 September 2017 pukul 17.00-18.00 WIB, kita akan live streaming dari ruang studio Inspirasi.co TV. Untuk teman-teman yang ingin bergabung silakan LIKE page MEP http://facebook.com/ausindom  dan stay tune dari pukul 17.00. Alumni yang akan mengisi diskusi kali ini adalah Mas Fahd Pahdepie (MEP 2011), Mba Ienas Tsoraya (MEP 2003) dan Ustazah kondang yang juga alumni MEP tahun 2017 Mbak Oky Setiana Dewi (Mba Oky akan live dari Mekah).

***&&&***

Promosi Online Seminar MEP

Saya tidak menduga ternyata yang tertarik mengikuti Seminar Online Muslim Exchange Program Australia – Indonesia membludak. Dalam tempo kurang dari 10 jam semenjak informasinya dipublikasi, kuota sudah penuh bahkan lebih untuk satu grup WhatsApp. Jumlah WA yang masuk ke saya sudah mencapai di atas angka 2000an. Luar biasa. Fantastic. Awalnya ini hanya inisiatif pribadi saja untuk memberikan ruang kepada teman-teman yang tertarik mendaftar MEP untuk berdiskusi. Jadi tidak ada tim khusus yang dipersiapkan untuk mengorganisir diskusi ini. Oleh karena membludaknya respon, jujur saya kewalahan karena harus merespon satu-satu dari bawah (yang duluan masuk WAnya). Jadi mohon maaf jika ada teman-teman yang sudah mengirimkan WA tetapi belum saya respon. Karena memang sangat banyak WA yang masuk.

Untuk membantu teman-teman yang tidak tertampung dalam diskusi grup WA, semoga informasi yang saya sampaikan di bawah ini akan membantu.

 

Apa sih program MEP itu dan apa tujuannya?

MEP adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Australia Indonesia Institute (AII) bekerjasama dengan Universitas Paramadina Jakarta. Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2002—sudah 15 tahun yang mungkin bisa menggambarkan bagaimana pentingnya program ini. Tujuan utamanya adalah meningkatkan keharmonisan dalam menghadapi berbagai perbedaan baik itu agama, budaya, sosial dan sebagainya. Diharapkan nilai-nilai tersebut dapat diaplikan dan disebar luarkan oleh peserta yang terpelih kepada komunitas atau organisasinya sehingga akan lebih banyak orang yang kualitas toleransi, pluralisme, keberagaman dan sejenisnya akan semakin baik. Tujuan lainnya adalah memperkuat hubungan persaudaraan antara Indonesia dan Australia.

Apakah saat ini sedang dibuka pendaftaran MEP?

Iya benar. Saat ini sedang dibuka pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2018. Pendaftaran akan ditutup pada hari Jumat 8 September 2017.

Apa syarat-syarat utama yang harus saya penuhi untuk mendaftar?

Ada beberapa yang harus anda penuhi yaitu:

  • Pastikan batas usia anda adalah 23 tahun–40 tahun (pria) dan wanita (batas usia 23–45 tahun)
  • Aktif di kegiatan/organisasi keIslaman
  • Mampu berpartisipasi aktif di dalam diskusi berbahasa Inggris
  • Memiliki nilai TOEFL min.450 (IELTS 5.0) diutamakan di atas TOEFL 500 (IELTS 5.5)

Siapa saja yang bisa mendaftar program MEP?

Intinya anda harus memenuhi syarat-syarat utama di atas. Anda bisa saja berprofesi sebagai penulis, akademisi, guru, wartawan, pekerja lembaga swadaya masyarakat, dan organisasi keagamaan.

Apakah saya harus menulis essay pada saat mendaftar?

Betul. Anda harus menuliskan motivasi anda mengikuti kegiatan ini. Apa target anda, kenapa anda membutuhkan program ini, bagaimana anda akan menyebarluaskan manfaat dari program ini dan sejenisnya.

Apakah berkas lamaran, termasuk essay harus ditulis dalam Bahasa Inggris?

Tidak. Anda bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Yang paling penting isinya harus meyakinkan dan sesuai dengan tujuan program.

Live Streaming Bincang Bincang MEP

Apakah ada contoh lamaran yang bisa saya lihat?

Banyak teman-teman yang meminta contoh aplikasi saya ketika mendaftar dulu. Makanya saya upload di blog ini. Jika anda mau lihat berkas lamaran saya, silakan diunduh di http://bit.ly/2wO5Jlq 

PENTING untuk anda catat bahwa berkas aplikasi saya tidak layak dijadikan contoh apalagi dijadikan standar untuk bisa lolos MEP. Ada banyak aspek yang dinilai oleh tim seleksi. Sebagai informasi saja, saya mendaftar program MEP dua kali. Tahun 2011 saya hanya dipanggi wawancara tapi tidak lolos sampai akhir. Saya baru terpilih pada tahun 2012. Makanya jika anda sudah capek-capek mendaftar tapi tidak lolos, anda jangan gampang menyerah dan tidak mau berusaha lagi. Sebagai pengalaman saja, saya pernah mengikuti program short course ke Amerika, MEP ke Australia, dan program S2 melalui Australia Awards Scholarship…semuanya itu tidak pernah lolos pada kali pertama saya mendaftar. Makanya saya pernah menulis ‘Sekali saja tidak cukup’. Jika tertarik silakan baca http://bangadam.com/sekali-saja-tidak-cukup/

Dimana saya bisa membaca informasi lebih lanjut?

Universitas Paramadina adalah pihak yang melakukan seleksi. Silakan anda pantau web mereka. Untuk informasi tahun ini bisa anda cek di sini http://paramadina.ac.id/home/homepage-news/program-pertukaran-tokoh-muslim-muda-indonesia-dan-australia-2018.html. Facebook MEP juga sering share berbagai informasi terkait MEP, silakan anda cek di http://facebook.com/ausindomep. Selain  itu, rajin-rajin lah browsing sendiri. Aktif mencari informasi secara mandiri adalah satu satu modal penting untuk anda mendaftar program beasiswa seperti ini.

Apakah ada informasi lain yang penting untuk membantu saya mendaftar?

Saya pernah menuliskan pengalaman saya mengikuti program MEP ini tahun 2012. Kumpulan tulisannya sudah pernah saya publikasi di blog saya. Mungkin bisa memberikan gambaran tentang kegiatan dari program MEP ini selama di Australia sehingga akan membantu teman-teman dalam menulis Motivation Statement. Silakan teman-teman baca di http://bangadam.com/kompilasi-notes-from-australia/

Apakah masih akan direncanakan untuk melakukan Online Seminar selanjutnya?

Insya Allah, hari Senin tanggal 4 September 2017 pukul 17.00-18.00 WIB, kita akan live streaming dari ruang studio Inspirasi.co TV. Untuk teman-teman yang ingin bergabung silakan LIKE page MEP http://facebook.com/ausindom  dan stay tune dari pukul 17.00. Alumni yang akan mengisi diskusi kali ini adalah Mas Fahd Pahdepie (MEP 2011), Mba Ienas Tsoraya (MEP 2003) dan Ustazah kondang yang juga alumni MEP tahun 2017 Mbak Oky Setiana Dewi (Mba Oky akan live dari Mekah).

Silakan teman-teman pantau pantau Fb saya http://facebook.com/adamica atau IG @bang.adham untuk informasi selanjutnya.

Terimakasih. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment.