[Episode 17_Note for MEP Australia] Ketika Teh, Kopi, dan Susu bercampur dalam 1 Gelas!

Written in:
Darling Towers, Melbourne
Kamis 14 Juni 2012 // 00.02 Melbourne Time

Background photo adalah Cathedral di Melbourne.
Photo diabadikan Mas Zainal tanggal 13 Juni 2012.
Salah satu kunjugan kami pada hari ketiga tanggal 13 Juni 2012 adalah mengunjungi dan berdiskusi dengan Perkumpulan ummat dari 3 agama yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam atau dalam bahasa Inggris Australia dikenal dengan Jewish Christian Muslim Association (JCMA). Dalam kesempatan ini, JCMA diwakili oleh 1 orang dari masing-masing agama. Dari Kristen ada David Schutz, Yahudi dan Islam saya gak ingat nama mereka…it’s my bad to remember names…Pertemuan tersebut berlangsung di Cardinal Knox Center, Catholic Archdiocese of Melbourne. Bagi saya pertemuan ini sangat menarik, karena saya baru tau kalau ada asosiasi  antar 3 ummat beragama seperti ini.
Menurut presentasi ketiga perwakilan tersebut, hampir tidak ada masalah dalam organsasi mereka. mereka menjadi sangat harmonis sekali. Banyak hal yang sudah mereka lakukan bersama, mereka tinggal bersama di Victoria, dan bekerja bersama-sama. Dan itu semua berlangsung dengan aman, nyaman, saling menghargai, dengan implementasi nilai-nilai toleransi yang bagus.

Hal tersebut tidak terlepas dari kontribusi asosiasi antar 3 agama yang dominan tersebut di Melboune. Ada banyak program dan kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh JCMA. Ada konferensi musim dingin (winter conference), Women’s conference, school program, seminars, dan  public statement.

Dalam diskusi tadi, mereka juga mengakui bahwa ada tantangan memang dalam prakteknya di JCMA, namun mereka mampu menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik lewat dialog, komunikasi,  saling memahami dan menghargai…..dan itulah yang esensi adanya wadah seperti JCMA ini. Dan menariknya ternyata organisasi perkumpulan antar ummat beragama sejenis ini hanya ada di Victoria Melbourne, tidak ada di Negara bagian lainnya di Ausralia.

Ada pelajaran menarik yang mungkin bisa berguna buat anda, terutama buat saya. Saya belajar bahwa pendekata-pendekatan yang lembut (soft) jauh lebih baik daripada kekerasan dalam menyelesaikan masalah. Sebagai Ummat Islam Indonesia yang menyoritas, seyogianya kita harus lebih membuka diri dan menerima perbedaan-perbedaan tersebut.

Adam dan David Schutz (Sekretaris JCMA). Setelah pertemuan dengan JCMA,
David memandu kami dalam Cathedral-Tour di Melbourne tanggal 13 Juni 2012.
Kalau saja ummat Muslim di Victoria tidak mau bergabung dengan asosiasi seperti ini, saya yakin pasti akan ada banyak masalah di lapangan yang akan dialami. Pasti ummat muslim Victoria sadar bahwa secara idiologi dan ajaran agama banyak sekali perbedaan antara ketiga ummat agama tersebut, namun mereka juga sadar bahwa cara terbaik untuk menjelaskan kebenaran yang mereka imani tersebut adalah dengan cara mendekati mereka bukan malah menjauhinya.Memang akan aneh bagi anda mungkin apabila ada perkumpulan seperti ini. Bayangkan saja, terkadang dalam keluarga, antara ayah dan ibu sulit memutuskan tujuan liburan karena mereka saling punya interest pribadi, sang ayah tertarik kelaut, sedangkan ibu suka belanja keluar negeri. Karena saling berdebat, akhirnya sang anak mengambil alih pengambilan keputusannya. Karena kangen kakek nenek, akhirnya sang anak memilih pulang kampong saja untuk liburan sekalian jenguk kakek-nenek.

Artinya dalam keluarga saja ada konflik ketika ada 2 kepetingan dalam mengambil sebuah keputusan. Lantas bagaimana lagi dengan urusan agama. Mungkin saja ibarat mengabungkan antara kopi, teh, dan susu dalam satu gelas pada saat bersamanya. Yang dominan, pasti akan merubah warna air dalam gelas tersebut. Namun itulah kelebihan IJCM, mereka tidak ada yang dominan, semuanya sama, dan mereka menerapkan nilai-nilai toleransi, pluraslisme, saling menghargai, saling mengerti, dan itulah yang membuat mereka survive dan memberikan banyak kontribusi. Intinya….Australia tidak punya Kemetrian Agama, tapi kerukunan Agama tetap terbangun dengan baik dalam prakteknya. Nah Kita???

Semoga Bermanfaat!

Group Picture dengan Perwakilan KCMA.
Photo dibadikan pada tanggal 13 Juni 2012 di salah pintu exit Cathedral.