GERAKAN MARI SEKOLAH: FREQUENTLY ASKED QUESTION

Berhubung GMS belum memiliki laman resmi, kami memutuskan untuk posting informasi tentang GMS di halaman ini dengan tujuan untuk memudahkan dalam penyebaran informasi tentang GMS. Anda juga dapat mengunduh informasi ini di link berikut https://app.box.com/Informasitentanggms atau click di SINI.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) tentang Gerakan Mari Sekolah. FAQ ini dibagi dalam 5 katagori yaitu (1) Dasar-Dasar Umum tentang GMS; (2) Informasi seputar anak-anak penerima beasiswa; (3) Informasi untuk donator; (4) Informasi untuk Pendamping anak; dan (5) Informasi lebih lanjut tentang GMS. 

 

Sumber Photo: http://lifeisbeautifulapp.com

Sumber Photo: http://lifeisbeautifulapp.com

DASAR-DASAR

Apa itu Gerikan Mari Sekolah? Apa yang mendasari lahirnya gerakan ini?

Gerakan Mari Sekolah (GMS) adalah sebuah gerakan yang hadir karena tuntutan dimana masih banyak anak-anak usia sekolah di Indonesia yang tidak sanggup untuk melanjutkan sekolah dan/atau terancam putus sekolah. Meskipun pemerintah sudah berupaya untuk menggratiskan biaya pendidikan sampai dengan sekolah menengah, namun di lapangan masih sangat banyak anak usia sekolah yang tidak lagi sekolah atau yang sedang bersekolah namun terancam putus sekolah.

Apa nilai-nilai yang dipegang teguh oleh GMS?

  • Transparansi dan trust (saling percaya) adalah modal utama kami dalam menjalin hubungan dengan donatur)
  • Kerelawanan dan totalitas adalah semangat yang selalu kita jaga dalam menjalankan gerakan GMS, terutama untuk relawan-relawan
  • Kesetaraan (equality) adalah prinsip dasar dalam kita melayani dan membangun komunikasi dengan stakeholders GMS mulai dari donatur, pendamping anak, pengusul anak, penerima beasiswa, orangtua penerima beasiswa, dan masyarakat luas
  • Optimis dan Kebersamaan adalah semangat yang mendasari gerakan ini lahir. Kita optimis bahwa kita harus bersama-sama membangun Indonesia. Sesuai kapasitas yang kita miliki, kita harus memberikan kontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.

Siapa pengelola GMS dan siapa saja tim intinya? Bagaimana cara kerja managemen GMS?

Gerakan ini dinisiasi oleh Saudara Edi Fadhil (dari Aceh) dan Saudari Nunik Eka Sari (dari Jakarta) pada awal tahun 2015. Kemudian bergabung beberapa teman lain yang ikut memimpin dan mengelola gerakan ini, diantaranya adalah Sdr. Amru yang membantu data base dan pelaporan, Sdri. Nanda yang mengelola keuangan dan Sdr. Adam yang ikut membantu mencari donatur, terutama dari luar negeri (Australia). Tim GMS murni bersifat relawan. Donasi dari pemberi beasiswa ditransfer 100% kepada penerima beasiswa tanpa ada pemotongan sedikitpun untuk keperluan managemen. Untuk operasional, seperti biaya komunikasi ditanggung oleh masing-masing relawan.

Apakah GMS punya badan hukum?

GMS saat ini belum memiliki badan hukum dan belum berancana untuk mengurus badan hukum dalam bentuk apapun. Kami ingin menciptakan gerakan yang murni bergerak atas prinsip kerelawanan dan saling percaya antar sesama.

Apakah personel GMS mendapatkan upahdari lembaga tertentu?

TIDAK. Siapapun yang bergabung dalam GMS entah sebagai pengelola atau sebagai pendamping anak tidak mendapat bayaran materi dalam bentuk apapun. Kita juga tidak membuat sistem terikat untuk jangka waktu tertentu dengan relawan-relawan yang bergabung. Semuanya kita lakukan atas prinsip kesadaran dan kemauan pribadi masing-masing.

***&&&*** 

PENERIMA BEASISWA GMS

Bagaimana kondisi anak-anak yang mendapatkan beasiswa GMS?

Seperti yang kami sebutkan di atas bahwa meskipun pemerintah sudah berupaya untuk menggratiskan biaya pendidikan sampai dengan sekolah menengah, namun di lapangan masih sangat banyak anak usia sekolah yang tidak lagi sekolah atau yang sedang bersekolah namun terancam putus sekolah.

Kondisinya beragam; ada yang tidak sanggup bayar SPP karena sekolahnya swasta, tidak punya transportasi seperti sepeda untuk jarak tempuh ke sekolah yang jauh, tidak ada uang jajan (kondisi ini sangat banyak), tidak punya uang untuk membeli seragam. Di tambah lagi dengan kondisi keluarga; ada yang ditinggalkan oleh orangtuanya (umumnya tinggal dengan orangtua perempuan), single parent, kepala keluarga yang menderita sakit menahun sehingga tidak bisa lagi bekerja, orangtua lelaki merantau tapi tidak/jarang mengirim uang, orangtua yang tidak peduli dengan tanggungjawab pendidikan anak (masih banyak kasus seperti ini), keluarga dengan banyak anak yang pada saat bersamaan sedang di bangku sekolah tapi pendapatan orangtua tidak seimbang dengan kebutuhan. Ada juga beberapa kasus anak yang mengalami kekerasan dalam keluarga dan anak yang terpengaruh narkoba dan juga anak (maaf) yang mengalami pelecehan seksual tapi ambisi melanjutkan pendidikannya sangat tinggi.

Berapa nominal yang didapatkan oleh penerima beasiswa GMS?

Selama ini nominal yang diterima oleh anak berjumlah Rp. 200.000 per bulan. Estimasi kami adalah uang tersebut bisa membantu kebutuhan jajan sehari-hari anak dengan kalkulasi kebutuhan Rp. 125.000 per 25 hari efektif sekolah (Rp. 5.000 per hari). Sisa dari uang jajan, kita mengharapkan bisa ditabung dan dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan anak nantinya.

Apakah penerima beasiswa terbatas untuk wilayah tertentu saja?

TIDAK. Beasiswa GMS terbuka untuk anak seluruh Indonesia dengan kondisi-kondisi yang memang wajib kita bantu.

Bagaimana GMS menyeleksi penerima beasiswa?

Kami mencoba menghindari urusan administratif yang nyelimet dan rumit. Karena menurut pemahaman kami, rata-rata kondisi keluarga atau anak yang kita bantu tidak melek teknologi dan kurang akses untuk informasi. Untuk itu, kita membuat prosedur sesederhana mungkin. Intinya, sesuai dengan prinsip kita yaitu saling percaya bahwa anak yang menerima beasiswa GMS adalah anak yang memang membutuhkan. Pengalaman selama ini, anak-anak calon penerima beasiswa diusulkan oleh jaringan kita terutama melalui sosial media (Facebook), kemudian kita meminta pengusul tersebut untuk mengisi formulir yang sudah kita siapkan untuk selanjutnya kita bantu carikan donatur.

Berapa jumlah anak yang sudah menerima beasiswa?

Gerakan ini kita inisiasi awal tahun 2015 dan sudah ada 80 anak penerima manfaat dari gerakan ini (per 10 Oktober 2015). Angka tersebut akan terus bertambah seiring waktu.

 ***&&&*** 

DONATUR GMS

Siapa dan darimana donator beasiswa GMS?

Donatur yang memberikan beasiswa melalui GMS adalah perseorangan yang tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi ada banyak donatur individu yang berdomisili di luar negeri dari berbagai negara seperti Jepang, Singapura, Australia, Amerika, Qatar dan sebagainya.

Bagaimana GMS mencari donator?

Selain media non-elektronik, kami memanfaatkan sosial media (terutama Facebook) untuk mengkampanyekan gerakan ini. Banyak donatur yang terlibat dalam gerakan ini tidak kami kenal tetapi direkomendasikan melalui jaringan-jaringan kami di internet.

Apakah donator akan mendapatkan laporan perkembangan anak secara berkala?

Ya! Kita akan update perkembangan anak secara berkala yaitu per 6 bulan (semester). Di samping itu, kami juga akan mengirimkan ucapan ‘terimakasih’ dari penerima beasiswa kepada donatur. Kami juga terbuka untuk diskusi jika ada permintaan-permintaan ‘khusus’ dari donatur terkait anak penerima beasiswa.

Apakah donatur terikat untuk membantu anak penerima beasiswa secara berkelanjutan?

TIDAK! Anda sebagai donatur tidak harus memberikan donasi sampai anak selesai sekolah. Prinsipnya semampu dan semau donatur. Pun demikian, banyak juga dunatur yang langsung mengirim dana untuk jangka waktu 1, 2 atau 3 tahun. Bahkan ada beberapa donatur yang langsung mengikat anak untuk dia bantu sampai dengan selesai sekolah jenjang tertentu.

Apakah saya bisa menjadi donatur apabila saya belum mampu mendonasikan Rp. 200.000 per bulan?

SANGAT BISA. Anda bisa membantu semampu anda. Donatur kita beragam, ada yang mengajak 4 bersahabat yang tiap bulan mengumpulkan uang masing-masing 50.000,- dan menjadi donor untuk 1 anak.

Apakah saya bisa membantu lebih dari satu anak?

BISA. Tidak sedikit donatur kita yang mampu dan mau membantu lebih dari satu orang anak. Bahkan ada rekan donatur yang membantu beberapa anak dari satu keluarga.

Apakah saya berhenti suatu waktu jika saya tidak mau atau tidak mampu lagi?

BISA. Adalah hak donatur untuk berhenti kapan saja.

Apakah saya boleh melihat beberapa profil anak sebelum memutuskan anak yang mau saya bantu?

TENTU. Anda boleh meminta beberapa calon penerima beasiswa untuk kemudia anda seleksi dan anda putuskan sendiri. Kami selalu siap untuk diajak diskusi dalam anda menentukan anak yang akan menerima beasiswa.

Kapan dan kemana uang harus saya transfer?

Anda punya dua pilihan; (1) anda bisa mengirim langsung ke rekening penerima beasiswa atau orangtuanya ATAU (2) anda juga bisa mengirim donasinya ke rekening bendahara GMS untuk selanjutnya ditransfer ke rekening penerima beasiswa atau pendamping anak setiap bulannya. Anda juga bisa menstransfer donasi secara rutin per bulan atau mentransfernya sewaktu waktu lebih dari satu bulan. Jika anda memilih mentransfer lebih dari satu bulan, kami menganjurkan supaya donasinya dikirimkan melalui rekening bendahara GMS untuk selanjutnya ditransfer oleh bendahara kepada penerima beasiswa per bulan. Tujuannya supaya donasi beasiswa ini bisa digunakan sesuai sasaran. Rekening GMS atas nama Nanda Feriana (Bank Mandiri Cabang Lhokseumawe, Aceh) No. rekening 158 000 151 6087.

 ***&&&*** 

PENDAMPING ANAK

Siapakah pendamping anak?

Sesuai namanya, pendamping anak adalah teman-teman yang bersedia membantu mendampingin anak penerima beasiswa. Kita mengharapkan pendamping adalah orang yang kenal dengan anak.

Apa tanggungjawab pendamping anak?

Tujuan kita melibatkan seseorang untuk menjadi pendamping anak supaya gerakan ini berjalan efektif dan sesuai harapan. Kita mengharapkan pendamping anak dapat membantu supaya pemanfaatan beasiswa ini tepat sasaran. Kita juga mengharapkan pendamping anak untuk memotivasi anak agar lebih berprestasi. Menjadi pendamping anak bukanlah pekerjaan harian, namun bisa dilakukan seminggu sekali, dua minggu sekali bahkan paling jarang 1 bulan sekali. Minimal pendamping memberikan masukan atas kendala yang dialami oleh anak di sekolah atau mencari peluang beasiswa lainnya untuk anak. Misalnya untuk anak SMA, pendamping memberikan bantuan informasi mengenai program beasiswa lanjutan untuk anak dari pemerintah (seperti Bidik Misi dsb). Relawan Pendamping juga membantu membuatkan laporan perkembangan pendidikan anak untuk disampaikan ke Manajemen GMB Mari Sekolah untuk selanjutnya kami menyampaikan ke donor anak tsb. Laporan mencakup : Foto Kopi Rapor Anak (6 Bulan Sekali), Foto Anak  (di awal pengajuan aplikasi), Surat Terimakasih –tulisan tangan–dari Anak ke Donaturnya (Setiap 6 bulan sekali), Rincian sederhana penggunaan beasiswa serta uraian singkat perkembangan anak dampingan.

Apakah saya boleh mendampingi lebih dari satu anak?

YA. Anda bisa menjadi pendamping untuk beberapa anak.

Apakah saya mendapatkan bayaran dari tugas saya sebagai pendamping anak?

TIDAK. Anda tidak mendapatkan bayaran dalam bentuk materi serupiahpun. Sesuai dengan nilai gerakan ini yaitu murni kerelawanan.

Apakah saya bisa berhenti suatu waktu tidak mau atau tidak sanggup lagi menjadi pendamping anak?

TENTU. Anda tidak terikat untuk menjadi pendamping anak secara berkelanjutan. Anda bisa berhenti sewaktu-waktu. Pun demikian, kami mengharapkan anda bisa membantu pencari pengganti Pendamping lainnya untuk mendampingi anak.

Apakah saya bisa mengusulkan anak untuk menjadi penerima beasiswa GMS?

YA. Anda bisa mengusulkan calon penerima beasiswa. Banyak pendamping anak selama ini awalnya adalah pengususl kemudian ikut membantu mendapingi anak tersebut.

 ***&&&*** 

INFORMASI LEBIH LANJUT

Apakah GMS sudah punya situs atau sosial media resmi?

BELUM. Kami belum memiliki situs atau akun sosial media resmi apapun. Selama ini kami masih mamaksimal sumber akun pribadi kami masing-masing. Anda bisa mengikuti akun Sdr. Edi Fadil (https://www.facebook.com/edi.fadhil) atau Sdr. Adam (https://www.facebook.com/Adamica) untuk melihat update-update tentang beasiswa ini.

Siapa orang yang bisa saya hubungi untuk menanyakan lebih lanjut tentang GMS?

Untuk bertanya, berdiskusi untuk alasan apapun terkait beasiswa ini, anda bisa menghubungi Sdr. Fadhil di Edi Fadhil di +62813 6002 4719 (terdaftar di What’s Apps) | edifadhil@gmail.com   atau Sdr. Adam +61452198772 (terdaftar di WhatsApp dan Line) atau di Alamat email adamyca@gmail.com