Jangan Sepelekan Surat Rekomendasi!

Dalam pengajuan aplikasi beasiswa, ada salah satu syarat yang harus Anda penuhi yaitu surat rekomendasi atau Letters of Recommendation. Surat rekomendasi ini biasanya diberikan oleh Rektor (jika Anda ingin melanjutkan S2) atau Kepala Sekolah (untuk S1), bisa juga ditulis oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dan berpengaruh di bidang akademik yang memiliki kredibilitas.
Selain itu, Surat rekomendasi ini bisa juga diberikan oleh orang yang kredibel di bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda. Surat rekomendasi ini juga menjadi salah satu persyaratan yang akan memuluskan jalan Anda meraih beasiswa.
Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membuat surat rekomendasi yang baik.
Pertama, Anda harus memastikan bahwa profesor, atau praktisi yang nanti akan memberikan surat rekomendasi dapat menyatakan bahwa Anda memiliki kemampuan dan kualitas yang berhubungan dengan beasiswa yang Anda pilih. Misalnya, ketika Anda melamar beasiswa untuk belajar fotografi, mintalah fotografer terkenal dan andal untuk menuliskan rekomendasinya. Pastikan dia juga sudah melihat karya Anda.
Kedua, setelah Anda tahu ingin meminta rekomendasi siapa, hubungilah mereka. Jika Anda sudah lama tidak bertemu mereka, pastikan mereka mengingat Anda. Kalau Anda menghubungi mereka lewat e-mail, katakanlah dengan spesifik nama Anda, kapan Anda pernah menjadi mahasiswa atau pernah bekerja dengannya, dan apa yang pernah Anda hasilkan ketika bekerja dengan mereka. Selalu hubungi perekomenasi Anda jika sudah mendekati batas akhir pengumpulan berkas. Waktu yang efektif agar Anda tak perlu terburu-buru adalah dua bulan sebelum batas akhir tersebut.
Ketiga, akan lebih baik jika orang yang memberikan rekomendasi tersebut adalah orang yang betul-betul mengenal Anda. Jika mereka mengenal Anda secara personal, akan lebih mudah untuknya memberikan rekomendasi jujur tentang Anda. Ada beberapa institusi pemberi beasiswa yang tahu mana surat rekomendasi ‘asli’ dan mana yang berupa ‘draft’ alias surat rekomendasi yang hanya copy paste dan diubah.
Ketiga, setelah rekomender Anda setuju untuk menuliskan surat rekomendasi untuk Anda, berikanlah sebanyak mungkin informasi tentang Anda. Ringankanlah pekerjaan mereka dengan memberikan list prestasi dan CV Anda. Selalu cek apakah mereka sudah menyelesaikan suratnya atau belum. Jangan ketika mendekati batas akhir,  Anda baru menagihnya.
Terakhir, ketika rekomender Anda sudah mengirimkan surat rekomendasi untuk Anda, jangan lupa untuk memberikan surat pernyataan terima kasih karena sudah dibuatkan rekomendasi dan juga sudah membantu Anda dalam mengejar beasiswa ini. Selalu keep in touch dengan mereka, dan jika Anda mendapatkan beasiswa tersebut,  jangan lupa beritahu mereka dan ucapkan terima kasih.
Semoga berhasil!

Dari: Kompas Edukasi