Kompilasi “Notes From Australia” dari MEP 2012

 

Photo diabadikan oleh Mas SidQie tanggal 17 Juni 2012
di Kyabram Fauna Park, Shepparton.
Alhamdulillah, Saya diberikan kesempatan oleh Allah melalui Australia Indonesia Institute (AII) untuk Berkunjung ke Australia melalui program Pertukaran Tokoh Muda Muslim Indonesia Austra atau Muslim Exchange Program (MEP). Saya bersama 4 orang rekan lainnya se Indonesia mendapatkan kesempatan berkeliling Australia dari tanggal 11 sampai dengan 24 Juni 2012. Kami melewati 2 minggu dengan agenda yang sangat padat di 4 daerah yaitu Melbourne, Shepparton, Canberra, dan Sydney.
Mendapat kesempatan berkungjung ke Luar Negeri tentu saja banyak sekali manfaatnya. Dalam program MEP ini, dari substansi program, jelas sudah manfaatnya yaitu untuk menggali informasi sebanyak mungkin tentang kondisi ummat muslim di Australia dalam interaksinya dengan masyarakat agama lain dalam berbagai sendi kehidupan; politik, sosial, ibadah, agama, budaya, ekonomi, dan sebagainya.
Menariknya ketika berkunjung ke Luar Negeri adalah banyak hal yang berbeda yang kita temui di sana. Dari apa yang saya dengarkan, saya baca, dan saya lihat, Saya mencoba untuk menurunkannya dalam bentuk catatan series sebanyak 25 episode.
Menyangkut dengan catatan tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda ketehui terlebih dahulu:
Pertama, Semua catatan ini adalah PENGALAMAN pribadi saya. hampir semua notes tersebut bersifat subjektif dan itu penilain pribadi saya dari apa yang saya lihat, saya baca, dan saya dengarkan. Artinya, tentu saja kita punya point of view yang berbeda dari setiap apa yang saya tuliskan. Karena ini sifatnya personal experience, ya ini sangat bergantung pada tingkat ketajaman analisis saya dan kemampuan saya untuk menarasikannya.
Kedua, catatan-catatan tersebut ada yang bersifat informative, dokumentative dan evaluative. Artinya itu hanya point of view saya. ketika saya membaca, mendengarkan, atau melihat sesuatu kemudian saya coba interpretasikan dan saya temakan dengan bahasa-bahasa yang terkadang terlalu hiperbola. Namun, sekali lagi itu hanya masalah permainan bahasa.
Ketiga, sebenarnya saya menuliskan catatan tersebut ketika saya masih berada di Australia. Namun baru bisa saya posting ketika sudah tiba di Indonesia. karena tidak sempat saya posting serentak, makanya agak lama. Terutama dalam pemilihan photo-photo yang berkenaan dengan tulisan yang sedang saya uraikan.
Keempat, tujuan dari saya menuliskan catatan ini adalah [1] untuk menunaikan janji saya dengan kawan-kawan yang minta sharing pengalaman saya dari MEP. [2] saya percaya bahwa banyak orang lain yang ingin mendapatkan kesempatan serupa, namun karena banyak alasan  mereka belum mendapatknya, disamping keterbatasan dana yang dimiliki oleh AII, juga mungkin mereka tidak memenuhi syarat untuk mendaftar atau alasan-alasan lainnya. Jadi sharing pengalaman melalui tulisan ini dapat menjadi bagian dari kontribusi saya setelah mendapatkan kesempatan langka ini. [3] selanjutnya adalah saya ingin mendokumentasikan setiap momen dari perjelanan ini, mungkin kalau sekarang tidak terlalu bernilai buat saya, tapi suatu saat nanti catatan-catatan ini akan sangat bermanfaat. [4], tujuan terakhir, orang bilang “Sekali tepuk, 2 nyamuk mati”. Saya berharap dengan menulis, dapat memperbaiki kemampuan writing skill saya.
MEP adalah kali kedua saya bisa ke luar negeri. Pertama kali adalah waktu mengikuti Program belajar Bahasa Inggris (academic purpose) di Universitas Ohio, Amerika Serikat tahun 2010. Namun sayangnya waktu itu, saya tidak banyak menulis catatan, dan itu yang saya sesali juga. Karenanya dalam program MEP, jauh-jauh hari saya sudah merencanakan setiap moment dari proses perjalanan MEP.
Last but Not Least!!!
Sebagai blogger pemula, saya sangat butuh dukungan semangat dari para pembaca supaya saya tetap menulis and ngeblog…Kata Mas Nukman Luthfie “Blog tanpa komentar, bagi banyak narablog, bagaikan cinta bertepuk sebelah tangan”….terlebih lagi saya blogger pemula…SO PLEASE TINGGALKAN KOMENTAR PEDAS, MANIS, ASIN, atau APAPUN RASANYA SETELAH ANDA MEMBACA SETIAP CATATAN INI!!!

Terakhir…Thanks in Deep for Australia Indonesia Institute (AII) selaku funding dari Program ini. Terus Mbak Mila yang super bertanggung jawab sebagai Direktor Program MEP. Thanks Mbak  buat semuanya, pendampingan, bimbingan, saran, dan kesuksesan program ini, sebagian besar adalah kontribusi Mbak…I don’t know how to thank you Mbakkkkkkkkkkkkkkkkk !!May God Bless you ever!!!amin………………….

Buat Universitas Paramadina selaku Implementing Agency yang sudah nyeleksi kami di Indonesia. Buat Mas Wawan, SidQie, Mbak Angky, dan Mas Tony yang sudah mewarnai dan memperkaya pasukan MEP. Untuk Dr. Eeqbal Hassim dan Istrinya, Struan Jones dan Faza Fauzi yang bersedia menamani kami selama di Melbourne.

Next, Brother Nail dan Maryam Bekris dari Islamic Council of Victoria yang super mega friendly and outstanding.  Buat Pengurus Islamic Museum of Australia. Then, Untuk kawan-kawan Alumni MEP seperti Asmaah Helal, Sana Gillani, Omar, dkk…Moga kalean juga tidak kalah mendapatkan pengalaman yang sama seperti kami ke negara kalian.  dan special buat mereka-mereka yang kami temui dalam program ini. Informasi, Saran, dan Bimbingan yang Bapak/Ibu berikan  sangat bernilai buat kami. and above all, buat Mbak Anindita dari Kedutaan Australia Jakarta yang sudah mengurus kami sebelum dan selama di Jakarta. Thanks for All Mbak ya!!!

enndddddddddddddddddd the last is for FOUR of my Friends; Mas Ridho dari Wonosobo, Mas Zainal dari Tulung Agung, Lusi dari Batam, dan Mbak Elis dari Cianjur…you guys being part of my story already!!!

Selamat Membaca, Silakan klik judul-judul di bawah untuk membacanya!!!

Semoga ada manfaatnya buat anda!!!amin………….

  1. Usaha Sekali Saja Tidak Cukup
    Photo diambil oleh Mas SidQie di Kyabram Fauna Park, Shepparton, Melbourne.
    Tanggal 17 Juni 2012.

     

  2. 3 Minggu, 2 Kedutaan, 5 Rahmat
    Group Picture dengan Komunitas Alumni Muda Indonesia (KAMI)
    Photo diabadikan  tanggal 2 Juni 2012 di @America Pacific Place Jakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • It’s not about WHAT, but WHY

    Photo di Australian International Academy of Education (Islamic School), Melbourne.
    Photo diabadikan oleh Mas Zainal tanggl 14 Juni 2012.

     

  • Tangan Tuhan di Australia
    Group Picture di Depan Parliament House Australia.
    Photo diabadikan oleh Mas Aan tanggal 19 Juni 2012.