Pertukaran Tokoh Muda Muslim Tahun 2015

Pendaftaran Program tahunan Pertukaran Tokoh Muslim Muda (Muslim Exchange Program) antara Indonesia dan Australia  untuk tahun 2015 sudah dibuka. Program kepimimpinan ini berdurasi dua minggu. Program MEP bukan program penyaringan guru-guru yang mengajar kitab arab gundul atau mereka yang menghafal alquran atau guru guru-guru agama atau pimpinan pesantren. Ini bukan program pengajian. MEP adalah program kepemimpinan yang bertujuan untuk membuka pemahaman dan memberikan pengalaman baru kepada anda tentang bagaimana anda MELIHAT agama dalam perspektif yang luas. Karenanya, siapapun anda,  akademisi, guru pesantren, dosen, aktifis, hafiz/ah, pengusaha, pegiat komunitas-komunitas, wartawan atau apapun profesi anda, asalkan anda punya semangat dan berkontribusi untuk kehidupan beragama yang lebih baik di Indonesia (tentunya sesuai kapasitas anda), silakan anda daftar. Tapi jangan lupa baca syarat-syarat yang harus anda penuhi sebelum mengirim aplikasi.

Selama 13-14 hari tersebut, anda akan dijadwalkan untuk berkunjung, menemui, berdiskusi dan bertukar pengalaman serta pemikiran seputar isu-isu keagamaan dan hal-hal yang berkaintan dengan akademisi, peniliti, awak media, seniman, politisi, pemerintah, pegiat dan tokoh lintas agama yang ada di Kota Melbourne, Shepparton, Canberra dan Sydney.

Dalam kunjungan dua minggu ke Australia, anda tidak hanya berdiskusi seputar isu-isu agama dengan berbagai stake holders tetapi juga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang peranan agama di masing-masing negara. Manfaat menarik lainnya adalah membangun jaringan dan juga mengelilingi Kota Melbourne, Sydney dan Canberra yang tentunya memberikan pengalaman berharga buat anda. Opsssss luruskan niat anda, mendaftar program MEP bukan untuk jalan-jalan. Jangan sampe tujuan jalan-jalan menghilangkan substansi program lho. OOT.

Untuk peserta dari Indonesia berjumlah 10 orang setiap tahunnya (pengalaman saya tahun 2012) dan untuk penyaringannya dilakukan oleh pihak Universitas Paramadina bekerjasama dengan Australia Indonesia Institute (AII). Keberangkatan ke Australia dibagi dua group. Lima orang pertama biasanya berangkat seputar bulan Maret atau April dan lima orang selanjutnya berangkat bulan Mei atau Juni.

Tahapan seleksi ada dua yaitu seleksi berkas (Administratif) dan seleksi interview. Jika berkas anda masuk shortlisted, maka anda akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta. Tu tu tu kan, pasti anda bertanya, bagaimana tiketnya? akomudasinya ditanggung enggak? ketahuan tu muka-muka suka cari gratisan. Peace, just kidding. Jangan Khawatir, pengalaman saya ikut wawancara untuk program ini tahun 2011 dan 2012, transportasi dan akomudasi ditanggung donor kok. Karenanya, jangan buat aplikasi asal-asalan, setidaknya anda dipanggil ke Jakarta.  Lumayan kan ngerasa macetnya Jakarta. LoL.

Nah untuk pengiriman berkas/aplikasi keberangkatan tahun 2015 yaitu 19 Desember 2014. Untuk formulir dan informasi lebih lanjut dapat anda baca di situs Universitas Paramadina atau AII.

FYI >>>

Opera House-Sydney-Australia 23 Juni 2012

Opera House-Sydney-Australia 23 Junie 2012

Saya pernah membuat sedikit catatan dari perjalanan program ini tahun 2012 lalu, jika anda baca mungkin bisa menggambarkan sedikit banyaknya tentang tujuan, kegiatan-kegiatan, orang-orang yang anda temui, kota-kota yang akan anda kunjungi selama program ini. Silakan anda klik di KOMPILASI CERITA AUSTRALIA PART 1 untuk membaca tulisan-tulisan tersebut.

Silakan japri saya ke BBM (5345ec41) atau WA (+61452198772) jika ingin bertanya atau berdiskusi seputar program ini.

Selamat berjuang! Semoga mendapatkan yang terbaik. amin…

P.s

Berhubung banyak yang meminta applikasi saya ketika mendaftar MEP Tahun 2012 lalu, karenanya saya upload. Silakan anda klik di SINI untuk mengunduh dokumen-dokumen tersebut. 

Catatannya >>> Berkas applikasi saya tidak layak untuk anda jadikan ‘standar’ apalagi model. Apa yang tulis di applikasi didasari atas informasi yang saya miliki saat itu. Jadi, kalaupun anda mengikuti pola yang saya tulis di applikasi, tidak berarti aplikasi anda bagus dan lulus. Mungkin aplikasi saya bisa anda gunakan HANYA sebagai secondary atau supplementary information. Semoga Membantu !!!