Pilihan Ungkapan dalam Catatan Harian Ahmad Wahib [1]

Baca ini Dulu YA!!!

Dibawah ini adalah ungkapan, catatan, pernyataan, dan kutipan yang saya ambil dari Buku Catatan Harian Ahmad Wahib (Pergolakan dan Pemikiran Islam). Menurut Saya ungkapan-ungkapan dibawah ini mempunyai nilai positif dan dapat menyuplai nilai-nilai kebijaksanaan, keramahtamahan, toleransi, dan semuanya itu bersifat konstruktif.

Alasan kenapa Saya memposting di blog, supaya manfaatnya juga bisa didapatkan oleh para narablog dan readers. Kekurangannya dari postingan ungkapan-ungkapan ini adalah interprestasi beragam dari netters atau bisa juga menimbulkan beragam pertanyaan yang menuntut penjelesan lebih lanjut dari ungkapan tersebut. Saya sangat sadar akan potensi itu, karena catatan-catatan dibawah ini ada yang bersifat potongan kalimat, ungkapan langsung dari Ahmad Wahib dan ungkapan dari sumber kedua,dan kesemuanya itu tidak saya catat seluruhnya.

Saya punya alasan substansial menyangkut hal ini. Pertama, dengan timbulnya kebingungan dan kecurigaan untuk ingin tau lebih jauh (curiosity) maka anda akan berusaha untuk aktif dan mencari, artinya anda tidak lagi menunggu dan pasif. Kedua, Saya yakin kalau anda sudah membaca potongan-potongan catatan Ahmad Wahib akan memancing adrenalin anda untuk mengetahui catatan-catatan dia lebih lanjut. Ketiga, Untuk menjawab curiosity anda, saya yakin anda akan mencari referensi atau buku catatan Ahmad Wahib. Keempat, akan semakin bertambahnya orang-orang mengenal dan mengetahui Pemikiran-Pemikiran Ahmad Wahib. Dan Terakhir, harapan saya semoga saja dengan semakin banyaknya pembaca buku pemikiran-pemikiran Ahmad Wahib, akan semakin banyak yang mengetahui betapa hebatnya ide dan pemikiran dia tidak hanya tentang Agama, tetapi juga ekonomi, politik, dan budaya-sosial sehingga nilai-nilai pluralisme akan semakin membumi di Indonesia,setidaknya bagi penganut agama Islam. Amin….

Catatan Penting, setiap ungkapan saya ikut sertakan juga nomor halaman dimana ungkapan itu saya ambil dari bukunya.

Catatan ini akan terus bertambah, seiring saya menyelesaika bacaan buku Ahmad Wahib.

Untuk Mengetahui lebih lanjut tentang Ahmad Wahib, Silakan Anda Biograpinya di blog Sayembara Ahmad Wahib 2012 http://ahmadwahib.com.

Kalau Anda Ingin Membaca Catatan dari Pergolakan Pribadi Saya dari Membaca Buku Ahmad Wahib, silakan anda baca di [Jangan Baca]_Part 1 atau Click HERE.

Selamat Merenung!!!


Posting Tanggal 28 Mei 2012

  1. Tidak ada persoalan yang pernah selesai karena kata “pertanyaan” belum pernah hilang. [51]
  2. Akal tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. [48]
  3. Tiori kaum eksistensialis bahwa sesungguhnya manusia itu adalah individual dan tidak bisa dikotak-kotakkan dalam skema-skema tertentu. [52]
  4. Dari pertentangan-pertentangan keras akan bisa digali kebenara-kebenaran baru yang lebih tinggi. [52]
  5. Persamaan tidak akan mengunggugah apa-apa untuk pengembangan diri tapi pertentangan justru mempunyai daya rangsang yang tinggi untuk kematangan intelektual dan emosional. [52]
  6. Kita orang-orang Islam sangat memperhatikan hukum-hukum agama (fiqh) dan hamper sama sekali tidak memperhatikan masalah-masalah ketuhana. [60]….tidak heran karenanya Islam menjadi “agama patokan”.
  7. Saya Pikir Hukum Islam itu tidak ada, yang ada ialah sejarah Muhammad. [60]
  8. Saya Pikir makin modern atau maju suatu masyarakat, akan semakin individualistis sikap-sikap anggotanya. [61]
  9. Yang penting bagiku adalah dialog [70]
  10. Change tidak selalu berarti progress, walaupun progress selalu menyaratkan change [62]
  11. Nilai budaya yang ideal bagi suatu masyarakat itu selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhannya [66]
  12. Konsep Islam itu adalah abadi dan universal [75]
  13. Pembaharuan adalah proses yang tak pernah selesai [79]
  14. Sekularisasi itu adalah opened process sedangkan sekularisme adalah closed system [79]

    Next Post ??? Wait…