Trik Cerdik Sebelum Tes IBT TOEFL

 

KOMPAS.comInternet Based-Test TOEFL (IBT TOEFL) merupakan salah satu pilihan untuk menguji kemahiran Anda dalam berbahasa Inggris. Untuk menjalani tesnya, biaya yang Anda keluarkan juga tak sedikit. Nah, sebelum membayar mahal untuk tes tersebut, trik di bawah ini mungkin bisa Anda ikuti. Tujuannya, agar tes yang Anda jalani mendapatkan hasil yang memuaskan. Apa saja?

 Langkah 1: Pelajari tes IBT TOEFL secara gratis
Ada beberapa situs web yang menyediakan bagi siapa saja untuk mempelajari IBT TOEFL secara gratis. Diantaranya, www.ets.org. Selain itu, siapa saja bisa bergabung latihan di sebuah komunitas TOEFL online yang banyak tersedia. Anda bisa melakukan browsing untuk menemukan berbagai komunitas itu.  

Langkah 2: Ambil ujian praktik online
• Cari situs web yang menyediakan latihan online IBT TOEFL. • Biasanya tes praktik dapat digunakan satu kali saja. Ketika anggota mengambil tes latihan, mereka menerima instan skor dan umpan balik tentang tahapan tes seperti membaca, mendengarkan, dan menulis. • Anggota memiliki pilihan untuk mengambil tes latihan dikondisikan waktu atau sebaliknya. Penting untuk memilih yang dibatasi dengan waktu. Sehingga Anda bisa beradaptasi dengan laju waktu. • Anda juga diwajibkan menggunakan headphone, agar suara pembicara dapat didengar secara jelas. • Ketika sudah menyelesaikan setiap soal, maka peserta akan mendapatkan skor dan kinerja mereka. Untuk skor IBT TOEFL akan terlihat berbeda dengan TOEFL yang lain.  

Langkah 3: Praktik lebih lanjut kelemahan Anda
Gunakan skor latihan tadi untuk mengetahui dimana kelemahan Anda. Jika Anda kurang di soal mendengar, cobalah untuk berlatih mendengarkan film atau televisi yang berbahasa Inggris untuk mempelajari intonasi. Jadi, pelajari kelemahan untuk mendapatkan kemenangan.  

Langkah 4: Gunakan strategi yang paling baik
– Hati-hati mengikuti petunjuk di setiap bagian untuk menghindari membuang-buang waktu.
– Klik bantuan untuk melihat kembali ketika bantuan benar-benar dibutuhkan. Karena waktu ujian tidak akan pernah berhenti karena Anda menggunakan bantuan.
– Jangan panik. Konsentrasilah pada pertanyaan saat ini saja dan jangan mencoba berpikir tentang menjawab pertanyaan yang lain.
– Hindari menghabiskan waktu terlalu banyak pada satu pertanyaan. Jika Anda telah membaca beberapa pertanyaan dan belum menemukan jawabannya, segera hilangkan jawaban  yang Anda anggap tidak mungkin. Dan kemudian pilih jawaban terbaik menurut Anda.
– Pilih menu ‘’View’’ jika Anda ingin melihat hasil Anda pada tes membaca (Reading). Namun, hal ini lebih baik dilakukan setelah Anda selesai menjawab seluruh pertanyaan.
– Percepatkanlah diri Anda, sehingga Anda mempunyai banyak waktu untuk menjawab pertanyaan dan tidak terburu-buru di akhir sesi. Selalu waspada dengan batas waktu di setiap sesi pertanyaan.  
– Jika Anda mau, Anda bisa menyembunyikan tampilan waktu. Hal ini membuat Anda mengetahui sejauh mana perkembangan Anda dalam menyelesaikan soal. Tetapi, alarm akan selalu berbunyi setiap lima menit sekali pada sesi membaca dan mendengar.

Sumber                 : Berbagai Sumber
Sumber Sekunder : http://edukasi.kompas.com